PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

Widyawati, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010342PGMI.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar sains pokok bahasan perubahan lingkungan dan pengaruhnya pada siswa kelas IV SD Negeri 009 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu melalui strategi peer lessons. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran dikelas dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran dikelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 009 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu semester genap tahun ajaran 2009/2010. pokok bahasan yang digunakan adalah perubahan lingkungan dan pengaruhnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh 1 observer. Observasi yang dilakukan sebanyak 3 kali tatap muka dengan rincian 1 kali tanpa penerapan strategi peer lessons 2 kali dengan penerapan strategi peer lessons. Setelah data diperoleh kemudian data diolah dengan menggunakan rumus persentase. Motivasi belajar siswa dengan penerapan strategi peer lessons lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa penerapan stategi peer lessons. Hal ini dapat dilihat dari analisa data dengan menggunakan rumus persentase yaitu motivasi siswa jika dilihat secara klasikal pada siklus pertama motivasi siswa hanya mencapai 59%, pada siklus kedua motivasi siswa mencapai 74,4%, dan pada siklus ketiga motivasi siswa mencapai 89%. Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi peer lessons dapat meningkatkan motivasi belajar sains pokok bahasan perubahan lingkungan dan pengaruhnya pada siswa kelas IV SD Negeri 009 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:13
Last Modified: 16 Oct 2017 05:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11545

Actions (login required)

View Item View Item