Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 040 TAMPAN

Mazlina Fariana (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 040 TAMPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010326PGMI.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pendidikan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan bumi dan alam semesta di sekolah dasar negeri 040 tampan pekanbaru. Penelitian dilaksanakan pada bulan januari 2009. subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada peneliyian ini terbagi 2 (dua) yaitu tes hasil belajar yang dilaksanakan pada setiap pertemuan, pembelajaran dan lembar observasi yang digunakan untuk melihat pelaksanaan kemampuan kognitif siswa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian dengan mengunakan analisis ketuntasan belajar siswa secara individu dan secara klasikal. Dari hasil penelitian ini diproleh peningkatan hasil belajar siswa yang didapat dari ketuntasan secara klasikal pada pertemuan I hanya sebesa 70% hingga menjadi sebesar 95% Pada pertemuan III. Ketuntasan secara individu yang ada pada pertemuan pertama hanya 28 Orang siswa dari 40 orang siswa meningkat dengan pesat pada pertemuan III menjadi 38 Orang siswa dari 40 orang siswa dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada mata pelajaran IPA tentang bumi dan alam semesta disekolah dasar negeri 040 tampan pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:11
Last Modified: 16 Oct 2017 05:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item