PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS V SDN 009 MAREDAN KEC. TUALANG KABUPATEN SIAK

Roni Nofrizal Chaniago, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS V SDN 009 MAREDAN KEC. TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010303PGMI.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 009 Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 009 Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak pada materi pokok pecahan?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 009 Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak yang berjumlah 23 orang dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi terhadap aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 009 Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 34,78%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (ulangan harian I) sebesar 65,22% dan pada ulangan harian II sebesar 86,96% dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 009 Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:10
Last Modified: 16 Oct 2017 05:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11542

Actions (login required)

View Item View Item