Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENGGILIR PERAN DALAM PEMBELAJARAN ADAB BERTAMU PADA BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK DI KELAS III MIN 3 SIMPANG TIGA PEKANBARU

Ilyas (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENGGILIR PERAN DALAM PEMBELAJARAN ADAB BERTAMU PADA BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK DI KELAS III MIN 3 SIMPANG TIGA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010273PGMI.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini penulis lakukan terhadap siswa kelas III MIN 3 Simpang Tiga Pekanbaru dalam pembelajaran adab bertamu dengan menggunakan metode menggilir peran. Adpaun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam pembelajaran adab bertamu sebelum tindakan kelas dilaksanakan dan sesudah tindakan dilaksanakan. Jumlah siswa yang dijadikan objek penelitian adalah sebayak 23 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, maka disimpulkan sebagai berikut : 1. Motivasi siswa dalam pembelajaran adab bertamu di kelas III MIN 3 Simpang Tiga Pekanbaru sebelum tindakan dilakukan, ternyata kurang yaitu 43 %. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi yang menunjukkan perhatian siswa dalam pembelajaran adab bertamu kurang, siswa yang menjawab pertanyaan guru dalam proses pembelajaran sedikit sekali dan siswa sebagiannya tidak tenang atau meribut dalam belajar. 2. Motivasi siswa dalam pembelajaran adab bertamu di kelas III MIN 3 Simpang Tiga Pekanbaru setelah tindakan dilakukan, tampaknya ada peningkatan yaitu 78 % hal ini terlihat dari perhatian siswa dalam pembelajaran adab bertamu dengan menggunakan menggilir peran, demikian pula siswa antusias dalam menulis pelajaran sewaktu proses pembelajaran berlangsung, siswa aktif membaca pelajaran, siswa mau menjawab pertanyaan guru dalam belajar dan siswa lebih banyak yang tenang dan siswa bergairah dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran. Selanjutnya penulis mengharapkan kepada guru untuk menggunakan metode ini dalam pengajaran adab bertamu pada bidang studi akidah- akhlak pada murid kelas III Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:09
Last Modified: 16 Oct 2017 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item