TEKNIK PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA SDN 052 TANJUNG BELIT QUIK ON THE DRAW SUATU UPAYA DENGAN SISWA KELAS V AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR

Ermi Darnis, (2010) TEKNIK PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA SDN 052 TANJUNG BELIT QUIK ON THE DRAW SUATU UPAYA DENGAN SISWA KELAS V AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010272PGMI.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 052 Tanjung Belit Air Tiris Kecamatan Kampar, Penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya : Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai raport khususnya pada mata pelajaran sains, ada 75% siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 6,5 yang ditetapkan. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, hal ini terlihat bahwa ada 70% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. dengan benar. Ketika dilakukan ulangan harian ada 70% dari jumlah siswa selalu mendapat nilai dibawah ketuntasan minimal yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil Belajar siswa dengan menggunakan teknik pembelajaran Quik On The Draw. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Berdasarkan hasil observasi pada siklus pertama, tingkat aktivitas belajar siswa pada siklus I hanya mencapai skor 65 berada pada interval 35-68 yaitu dalam kriteria rendah. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan yaitu mencapai skor 93 berada pada interval 69 – 102 pada kreteria tinggi. Demikian juga halnya dengan aktivitas guru. Pada siklus I aktivitas guru hanya mencapai skor 27 berada pada interval 23-29 dengan kategori cukup sempurna, sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 37 berada pada interval 37 - 45 dengan kategori sempurna. Meningkatkannya aktivitas guru dan siswa berdampak terhadap hasil belajar siswa. Dari data awal hasil belajar sebelum diterapkannya teknik pembelajaran Quik On The Draw diperoleh rata rata persentase nilai 56.00 dengan kategori sedang, dan terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 63,00. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 72.00, hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan teknik pembelajaran Quick on The Draw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:08
Last Modified: 16 Oct 2017 05:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item