IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA PGRI TEMBILAHAN

Sudirman Anwar, (2011) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA PGRI TEMBILAHAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201181.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

Program pengembangan diri dalam kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu muatan yang terkandung dalam KTSP (Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan) . Implementasi program pengembangan diri dalam kegiatan ekstrakurikuler haruslah dimanajemen dengan baik demi terdapainya tujuan program tersebut yaitu menumbuh kembangakan minat dan bakat peserta didik agar menjadi manusia yang terampil . Penelitian ini mencoba untuk mengkaji : Bagaimana I mplementasi P rogram P engembangan D iri dalam K egiatan E kstrakurikuler di SMA PGRI Tembilahan . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sejenis penelitian yang temuan - temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan ( field research ), yakni penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung kelapangan unt uk menggali dan meneliti data yang berkenaan dengan judul. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah bidang kesiswaan dan kurikulum, Pembina atau pengelola pengembangan diri, pengurus program pengembangan diri (Siswa) . Sementara tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga tehnik yaitu: tiga teknik (1) Teknik wawancara, (2) Teknik observasi, (3) Teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa implementasi program p engembangan diri dalam kegiatan ekstrak urikuler di SMA PGRI Tembilahan belum sepenuhnya mendapat perhatian serius ini terlihat dari beberapa hal : 1. Kurangnya pengawasan dari wakil kepala sekolah bidang kesisiwaan dan kurikulum dalam proses pelaksanaannya . 2. Program yang di laksanakan tidak melalui mekanisme dalam menentukan pilihan bidang - bidang program pengembangan diri dalam kegiatan ekstrakurikuler. 3. Kurang atau tidak adanya menjalin kerjasama dengan pihak - pihak terkait dalam mengembangkan program p engembangan diri . 4. Kurangnya tenaga professional dalam pengelolaan pengembangan diri kegiatan ektrakurikuler 4. Tidak adanya evaluasi dalam program tersebut. 5. Sarana dan prasarana yang kurang memadai

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 05:37
Last Modified: 16 Jan 2016 05:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item