Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL KELAS V SDN 039 TAMPAN PEKANBARU

Irma Novita Zulkifli (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL KELAS V SDN 039 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010175PGMI.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Fungsi dan tujuan pendidikan IPS di sekolah dasar adalah mempersiapkan, membina, dan membentuk kemampuan peserta didik yang menguasai pengetahuan, sikap, nilai dan kecakapan dasar yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas 5 SDN 039 Tampan Pekanbaru. Salah satu aternatif strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah strategi pemebelajaran inkuiri social. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti materi tentang kegiatan ekonomi di Indonesia dalam mata pelajaran IPS kelas 5 SDN 039 Tampan Pekanbaru, dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri social. Populasi diambil dari jumlah siswa kelas 5 sekaligus menjadi sample, yakni berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan data hasil belajar siswa. Implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari palaksanaan setiap siklus penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecendrungan yang terjadi dalam setiap kegiatan penelitian. Melalui observasi data penelitian ini, dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa melalui materi kegiatan ekonomi di Indonesia dengan menggunakan strategi pembelajaran ingkuiri social, dapat menghasilkan hasil belajar yang siknifikan dibanding dengan nilai rata-rata sebelum tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:04
Last Modified: 16 Oct 2017 05:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11537

Actions (login required)

View Item View Item