MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG JENIS - JENIS PEKERJAAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE KARYAWISATA MURID KELAS III SDN 025 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR

Endra Yeni, (2010) MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG JENIS - JENIS PEKERJAAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE KARYAWISATA MURID KELAS III SDN 025 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010167PGMI.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Pendidikan berarti sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusia dari aspek-aspek rohaniah dan jasmaniah juga harus berlansung setahap demi setahap. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial akan membentuk menusia memiliki nilai, sikap dan keterampilan di masyarakat, bangsa dan negara dan tentang cara bersosialisasi dengan lingkungan. Di Sekolah Dasar Negeri 025 Padang Mutung, penulis mengamati masih banyak murid yang kurang memahami jenis-jenis pekerjaan, selama ini proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan oleh guru bidang studi ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan berbagai macam metode seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan lain-lain. Belum menampakkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan murid dalam memahami jenis-jenis pekerjaan. Berdasarkan studi pendahuluan penulis menemukan gejala-gejala sebagai berikut : 1. Ada sebagian murid yang tidak sungguh-sungguh mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 2. Ada sebagian murid yang belum bisa membedakan pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa. 3. Ada sebagian murid yang belum bisa memberi contoh mana pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa. 4. Ada sebagian murid kurang mampu menentukan dan mengambil kesimpulan dari pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Berdasarkan gejala-gejala yang dipaparkan di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul: “Meningkatkan Pemahaman Tentang Jenis-Jenis Pekerjaan Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Metode Karya Wisata Murid Kelas III SDN. 025 Padang Mutung Kecamatan Kampar”. 1. Berdasarkan hasil observasi dan analisa data yang peneliti lakukan dapatlah diambil suatu kesimpulan bahwa diperoleh angka pada alternatif jawaban Ya berjumlah 109 dengan persentasenya 72.66% dan alternatif jawaban Tidak berjumlah 41 dengan persentase 27.33%. Hasil tindakan II mampu menambah peningkatan pemahaman murid tentang jenis-jenis pekerjaan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas III SD Negeri 025 Padang Mutung Kecamatan Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:02
Last Modified: 16 Oct 2017 05:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11536

Actions (login required)

View Item View Item