PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN ISI BERITA DI SURAT KABAR MELALUI METODE BERCERITA MURID KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 068 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR

Eva Yulianis, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN ISI BERITA DI SURAT KABAR MELALUI METODE BERCERITA MURID KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 068 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201091PGMI.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyampaikan isi berita di surat kabar, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyampaikan isi berita di surat kabar melalui metode bercerita murid kelas VI SDN 068 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas VI tahun pelajaran 2008-2009 dengan jumlah murid 30 orang, terdiri dari 14 orang murid laki-laki dan 16 murid perempuan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyampaikan isi berita di surat kabar melalui metode bercerita murid kelas VI SDN 068 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan september sampai dengan Desember 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyampaikan isi berita di surat kabar dari sebelum tindakan, siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan siswa dalam menyampaikan isi berita di surat kabar hanya mencapai persentase 54% dengan kategeroi “Kurang Baik” karena berada pada rentang 40-55%. Pada siklus I kemampuan siswa dalam menyampaikan isi berita di surat kabar meningkat dengan persentase 71% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 56-75%. Setelah diadakan perbaikan proses pembelajaran pada siklus II kemampuan siswa dalam menyampaikan isi berita di surat kabar mengalami peningkatan dengan sangat memuaskan dengan persentase 82% dengan kategori “Baik” karena berada pada rentang 76-100%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode bercerita dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:22
Last Modified: 16 Oct 2017 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11530

Actions (login required)

View Item View Item