PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MURID KELAS IVB PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA SDN 033 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR

Nurhayati, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MURID KELAS IVB PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA SDN 033 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201090PGMI.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar IPA murid melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan bumi dan alam semesta di SDN 033 Kampar Kecamatan Kampar Timur, yang dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei 2009. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IVB yang berjumlah 40 murid. Adapun data diperoleh melalui tes hasil belajar, yang dilaksanakan setiap siklus pembelajaran dan lembar observasi yang digunakan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran kooperatif dari guru maupun murid. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisa ketuntasan belajar secara individu dan klasikal. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh hasil belajar murid dari ketuntasan secara klasikal pada siklus pertama hanya mencapai 82,5% hingga 9,5% pada siklus kedua. Ketuntasan belajar murid pada siklus pertama hanya 33 murid, dan meningkat dengan pesat menjadi 39 murid pada siklus kedua. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA murid kelas IVB SDN 033 Kampar Kecamatan Kampar Timur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:20
Last Modified: 16 Oct 2017 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11529

Actions (login required)

View Item View Item