Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE STUDY GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID KELAS III SD NEGERI 018 PULAU LAWAS BANGKINANG SEBERANG

Yeni Marliza (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE STUDY GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID KELAS III SD NEGERI 018 PULAU LAWAS BANGKINANG SEBERANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201085PGMI.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid dalam pelajaran matematika kelas IIIB SD Negeri 018 Pulau Lawas Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe The Study Group. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IIIB SD Negeri 018 Pulau Lawas Bangkinang Seberang tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah murid sebanyak 23 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe The Study Group untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas III SD Negeri 018 Pulau Lawas Bangkinang Seberang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian I dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian II. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IIIB SD Negeri 018 Pulau Lawas Bangkinang Seberang. Ketuntasan hasil belajar murid sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 26,09%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar murid setelah tindakan pada siklus I adalah 65,22% dan persentase hasil belajar murid siklus II adalah 82,61%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah murid, artinya seluruh murid telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe The Study Group dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas III SD Negeri 018 Pulau Lawas Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:18
Last Modified: 16 Oct 2017 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item