PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV PADA POKOK BENDA DAN KEGUNAANNYA DI SDI 020 WONOREJO PEKANBARU

Sardius, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV PADA POKOK BENDA DAN KEGUNAANNYA DI SDI 020 WONOREJO PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201080PGMI.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar sains siswa kelas IV SDI 020 Pekanbaru dalam mata pelajran benda dan kegunaannya, penggunaan media asli ini merupakan belajar kooferatif yang dibentuk secara heterogen yang menginginkan adanya salng kerja sama siswa dalam kelompoknya. Berdasarkan studi pendahuluan penulis di SDI 020 Pekanbaru, ternyata motivasi belajar sains siswa masih rendah. Untuk itu, penulis tertarik untuk mencarikan solusi sehingga diharapakan motivasi siswa meningkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan Media asli dapat meningkatkan moivasi belajar sains siswa kelas IV SDI 020 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di SDI 020 Pekanbaru selama 4 kali pertemuan. Penelitian ini berbentuk Penilitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: sebelum penggunaan media asli, peneliti mengadakan obsevasi awal kepada siswa dengan mengisi lembar observasi sesuai indikator yang telah ditetapkan. Selanjutnya peneliti menerapkan pembeljaran dengan menggunakan media asli, dan pengamat mengamati perkembangan motivasi siswa dengan mengisi lembaran observasi. Observer terdiri dari dua orang yaitu Satum Pulungan dan Rini andriani yang merupakan teman atu jurusan dengan peneliti yang sama-sama meneliti di Pekanbaru. Masing-masing obserper mengamati 11 orang. Setelah diperoleh data motivasi beljar sebelum dan stelah tindakan, maka data tersebut diubah kedata interval. Kemudian dianalisis dengan menggunakan tes ”t”untuk sampel (N < 30 ) yang berkolerasi. Analisis data dengan menggunakan tes ” t ” ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi blajar sains C siswa setelah menggunakan media asli. Anlisis data ini menggunakan program SPSS. Dari proses data diperoleh mean motivasi belajar setelah tindakan lebih tinggi dibandingkan dengan mean motivasi belajar sebelum tindakan. Perbandingan besar nilai t dan diperoleh t lebih basar dari t, baik pada taraf siknifikan 5% maupun 1% ( 2,228 < 2,83 ), ini berarti hipotesis nihil ditolak, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan mengguanakan media asli dapat meningkatkan motivasi beljar sains siswa kelas IV SDI 020 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:17
Last Modified: 16 Oct 2017 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11526

Actions (login required)

View Item View Item