MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MATERI BACAAN SHALAT MELALUI METODE ACTION LEARNING DI KELAS II SDN 006 PADANG BULAN KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU

Wirdatul Husnah, (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MATERI BACAAN SHALAT MELALUI METODE ACTION LEARNING DI KELAS II SDN 006 PADANG BULAN KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201077PGMI.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan penomena yang terjadi dilapangan pada siswa kelas II SD Negeri 006 Padang Bulan Kecamatan Senapelan Pekanbaru., yaitu rendahnya motivasi belajar agama Islam siswa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode Action Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Action Learning dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran agama Islam materi bacaan Shalat siswa kelas II SD Negeri 006 Padang Bulan Kecamatan Senapelan Pekanbaru Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri 006 Padang Bulan Kecamatan Senapelan Pekanbaru, dilaksanakan mulai dari bulan Juni 2009 hingga selesai. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan indikator motivasi belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa tingkat motivasi belajar pada mata pelajaran agama Islam siswa berada pada klasifikasi “Rendah” dan siswa yang mencapai motivasi tinggi dalam belajar hanya mencapai 50% dari keseluruhan siswa, ternyata belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka motivasi belajar agama Islam siswa meningkat pada klasifikasi “ Tinggi” dan siswa yang mempunyai motivasi tinggi dalam belajar pada mata pelajaran agama Islam telah mencapai 72,30% dari seluruh siswa. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ Jika digunakan Metode Action Learning dalam pembelajaran maka Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Agama materi Bacaan Shalat Siswa Kelas II SDN 006 Padang Bulan kecamatan Senapelan di “Diterima” artinya apabila digunakan metode Action Learning secara tepat dan benar akan dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran agama Islam siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:16
Last Modified: 16 Oct 2017 02:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11525

Actions (login required)

View Item View Item