Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID MELALUI PEMBELAJARAN BERPANDU PADA TEORI BRUNER KELAS III SDN 026 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR

Neti Hastuti (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID MELALUI PEMBELAJARAN BERPANDU PADA TEORI BRUNER KELAS III SDN 026 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201061PGMI.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan fenomena yang terjadi dilapangan yaitu pada siswa kelas III SD Negeri 026 Rumbio Kecamatan Kampar yaitu rendahnya hasil belajar matematika pada materi pecahan sederhana, maka penulis sebagai seorang guru dituntut untuk melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran yang berpandu pada teori Bruner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas III SDN 026 Rumbio Kecamatan Kampar Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 026 Rumbio Kecamatan Kampar pada Tahun Pelajaran 2008-2009. Penelitian di mulai dari bulan Mei 2009 hingga Juli 2009. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Matematika siswa hanya dengan rata-rata 57,2 dengan ketuntasan kelas 56% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat lagi dengan nilai rata-rata 67,4 dengan ketuntasan kelas mencapai 96%. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Jika diterapkan pembelajaran yang berpandu pada teori Bruner pada pembelajaran matematika maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 026 Rumbio Kecamatan Kampar pada materi pokok mengenal pecahan sederhana di “Diterima” artinya apabila diterapkan teori Bruner dalam proses pembelajaran matematika pada materi mengenal pecahan sederhana secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:09
Last Modified: 16 Oct 2017 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11523

Actions (login required)

View Item View Item