PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI BERORGANISASI SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI 041 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR

Rita Wati, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI BERORGANISASI SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI 041 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201059PGMI.pdf

Download (995kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di Sekolah Dasar Negeri 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya : Dalam proses pembelejaran sebagian besar siswa kurang aktif, hal ini terlihat dari aktifitas siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi pelajaran. Siswa cepat merasa bosan dalam proses pembelejaran. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang sibuk dengan kegiatannya sendiri, seperti bermain dengan teman di kelas.Dalam proses pembelajaran siswa cendrung lebih banyak diam, jarang mengajukan pertanyaan ataupun memberikan tanggapan. Sebagian siswa ada yang mengantuk ketika guru menyampaikan materi pelajaran. Hal ini menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah terutama pada mata pelajan PKn. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan Model Pembelajaran Problem Based Introduction Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Materi Berorganisasi Siswa Kelas VB Sekolah Dasar Negeri 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Materi Berorganisasi Siswa Kelas VB Sekolah Dasar Negeri 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur?” Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction aktivitas belajar kelas VB SDN 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai persentase keaktifan siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran tersebut hanya memperoleh nilai persentase sebesar 58,3% dengan kategori cukup optimal. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 69,6% dengan kategori cukup optimal, dan pada siklus kedua tercapai persentase sebesar 80,0% dengan kategori optimal. Keberhasilan dari pembelajaran ini dilatar belakangi oleh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction sehingga keaktifan siswa menjadi tinggi yang berarti aktivitas siswa cenderung positif dalam mengikuti proses belajar mengajar yang diberikan oleh guru. Dengan kondisi tersebut maka tingkat penerimaan siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:02
Last Modified: 16 Oct 2017 02:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11519

Actions (login required)

View Item View Item