Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARS WITH QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI PENJAJAHAN BELANDA DI INDONESIA DI KELAS V SDN 011 PANCURAN GADING KEC. TAPUNG KAB. KAMPAR

Armi Yunis (2010) PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARS WITH QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI PENJAJAHAN BELANDA DI INDONESIA DI KELAS V SDN 011 PANCURAN GADING KEC. TAPUNG KAB. KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201057PGMI.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah Strategi lerning Strars With Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dalam materi penjajahan belanda di Indonesia di Kelas V SDN 011 Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini diikuti oleh 21 Siswa Kelas V SDN 011 Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dan bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Istrumen penelitian ini atas onstrumen perangkat pembelajaran dari instrumen pengumpulan data berupa lembaran observasi dan tes hasil belajar siswa. Untuk mengetahui hasil tes siswa dapat dilihat dalam setiap siklus. Dari hasil tes pada siklus I terlihat hasil 53 % sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82 % siswa sudah tergolong berhasil. Pada siklus III terjadi lagi peningkatan 89 %, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan strategi pembelajaran pada mata pelajaran IPS dengan Strategi Learning Strart With Question dapat diketehui berhasil, meskipun ketuntasan individu belum tercapi sepenuhnya, namun ketuntasan kelas meningkat dari 53%-82% menjadi 89%. Keberhasilan yang diperoleh tidak terlepas dari peran seorang guru yang serius dan tanggap dalam menggunakan strategi Learning Strart With Question tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:00
Last Modified: 16 Oct 2017 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item