Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI EKSPOR IMPOR DI KELAS VI SDN 008 SEI PETAI KECAMATAN KAMPAR KIRI HILIR KABUPATEN KAMPAR

Deni Afnidar (2010) PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI EKSPOR IMPOR DI KELAS VI SDN 008 SEI PETAI KECAMATAN KAMPAR KIRI HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201056PGMI.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS, hal ini terlihat hampir 60% dari siswa yang mendapat nilai di bawah criteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 70, begitu juga metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran cendrung menggunakan metode ceramah dan sangat sedikit melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan mind mapping tercapai peningkatan prestasi belajar IPS siswa dalam memahami materi ekspor impor kelas VI SDN 008 Sei. Petai Kecamatan Kampar Kiri Hilir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui penerapan pembelajaran mind mapping tercapai peningkatan prestasi belajar IPS siswa dalam memahami materi ekspor impor kelas VI SDN 008 Sei. Petai Kecamatan Kampar Kiri Hilir. Mind mapping adalah membuat peta pikiran atau lazim diartikan peta pemikiran. Pembelajaran mind mapping menggunakan gambar, symbol dan warna. Setiap gambar, symbol, dan warna kata-kata saling berkaitan akan menjadi alat Bantu yang bisa memanfaatkan kedua belahan otak ketika berfikir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas disingkat PTK (Classroom Action Recearch). Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus Rumus persentase : P = F x 100% N Penerapan pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran IPS diketahui dari adanya peningkatan prestasi belajar dari Siklus I ke Siklus II. Dari tes pada Siklus I pertemuan pertama rata-rata prestasi belajar siswa hanya mencapai 65,78, pertemuan kedua mencapai 70, sedangkan prestasi belajar Siklus II pada pertemuan pertama rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 80,26 dan terjadi peningkatan pada pertemuan kedua Siklus II rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 84,73 dengan kategori tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPS melalui penerapan pembelajaran mind mapping dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:55
Last Modified: 16 Oct 2017 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11516

Actions (login required)

View Item View Item