PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID MELALUI METODE BERCERITA DALAM MEMAHAMI JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 014 PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Hamdani, (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID MELALUI METODE BERCERITA DALAM MEMAHAMI JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 014 PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201052PGMI.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi murid dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal dapat dilihat kurangnya rasa ingin tahu murid tentang materi pelajaran yang dipelajari dan adanya sebagian murid yang cepat bosan jika menghadapi soal yang sulit sehingga murid menunggu jawaban dari teman. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan motivasi belajar murid dalam memahami jenis-jenis pekerjaan pada mata pelajaran IPS kelas III SD Negeri 014 Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas III tahun pelajaran 2008-2009 dengan jumlah murid sebanyak 15 orang Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah “Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan motivasi belajar murid”. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 014 Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar khususnya pada kelas III tahun ajaran 2008-2009. Adapun waktu penelitian ini direncanakan bulan Juli sampai dengan Oktober 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa diketahui terjadinya peningkatan motivasi belajar murid, sebagaimana diketahui bahwa motivasi belajar murid pada siklus pertama hanya memperoleh rata-rata persentase 61% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat denga rata-rata persentase 76% dengan kategori “Baik” karena berada pada rentang 76%-100%. Artinya keberhasilan murid telah mencapai 75%. Untuk itu, tidak perlu dilakukan siklus berikutnya, karena sudah jelas motivasi belajar murid yang diperoleh. Keadaan di atas, menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan motivasi murid dalam memahami jenis-jenis pekerjaan murid kelas III SD Negeri 014 Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:44
Last Modified: 16 Oct 2017 01:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11513

Actions (login required)

View Item View Item