PENERAPAN STRATEGI PERTANYAAN PENILAIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SEJARAH UANG PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SEI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Suharni, (2010) PENERAPAN STRATEGI PERTANYAAN PENILAIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SEJARAH UANG PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SEI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201051PGMI.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS. Hal ini terlihat dari 28 orang siswa terdapat 18 orang siswa atau 64% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dan kurangnya keinginan siswa untuk mengajukan pertanyaan atau pendapatnya ketika pembelajaran di kelas. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Penerapan Strategi Pertanyaan Penilaian dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Uang Di Kelas III dalam Mata Pelajaran IPS SDN 014 Sei Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas III tahun pelajaran 2008- 2009 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Strategi Pertanyaan Penilaian. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas III SDN 014 Sei Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Adapun waktu penelitian ini bulan Juni sampai dengan November 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran IPS. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya Penerapan strategi pertanyaan penilaian pada mata pelajaran IPS, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 64.29 dengan kategori sedang. Pada siklus I hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata 68.57, pada siklus II hasil belajar siswa mencapai cukup memuaskan dengan mencapai rata-rata 85,71. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPS dengan Penerapan Strategi Pertanyaan Penilaian dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:43
Last Modified: 16 Oct 2017 01:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11511

Actions (login required)

View Item View Item