Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KERJASAMA DI LINGKUNGAN TETANGGA MURID KELAS IIA SD NEGERI 075 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR

Evariati (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KERJASAMA DI LINGKUNGAN TETANGGA MURID KELAS IIA SD NEGERI 075 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201038PGMI.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan penomena yang terjadi dilapangan pada murid kelas IIA SD Negeri 075 Kampar Kecamatan Kampar timur, yaitu rendahnya motivasi belajar siswa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Penerapan Model Pembelajaran Efektif Tipe Take and Give. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Efektif Tipe Take and Give dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas IIA SD Negeri 075 Kampar Kecamatan Kampar timur Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIA SD Negeri 075 Kampar Kecamatan Kampar timur, dilaksanakan mulai dari bulan Juli 2009 hingga Agus 2009. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan indikator motivasi belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa hanya berada pada klasifikasi “Rendah” dengan porsentase hanya mencapai 50% artinya belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat pada klasifikasi “Tinggi”dengan porsentase mencapai 86%. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi ““Melalui penerapan model pembelajaran Take and Give maka motivasi belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial akan meningkat di “Diterima” artinya apabila diterapkan model pembelajaran take and give secara tepat dan benar akan dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:37
Last Modified: 16 Oct 2017 01:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item