Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE BRAIN STORMING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 038 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Siti Jauhari (2010) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE BRAIN STORMING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 038 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201036PGMI.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran pokok yang diajarkan di Sekolah Dasar negeri 038 Langgini Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Selama ini minat belajar murid di Sekolah Dasar Negeri 038 Langgini ini masih dikategorikan rendah, hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung murid masih malas mencatat keterangan pelajaran IPS dari guru, sering keluar masuk kelas ketika pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, kurang memperhatikan penjelasan guru Ilmu Pengetahuan Sosial, dan sering terlambat masuk kelas ketika pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Memperhatikan fenomena tersebut maka penulis tertarik untuk meningkatkan minat belajar murid dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, khususnya pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan menggunakan metode brain storming. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 038 Langgini Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2008/2009 dengan jumlah murid 15 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui metode brain storming. Tahap-tahap yang dilewati dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data ialah membahas hasil penelitian yang ada pada tabel-tabel kemudian dihitung berdasarkan frekuensi masing-masing, kemudian hasil hitung tersebut dimasukkan ke dalam rumus : = x 100% Dari hasil penelitian tindakan kelas ini diketahui bahwa pada observasi siklus I minat belajar murid 60% berada dalam kategori sedang, pada observasi siklus II minat belajar murid 74,44% berada dalam kategori sedang, pada observasi III minat belajar murid 91,11% berada dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:36
Last Modified: 16 Oct 2017 01:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item