Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH SAAT DIJAJAH BELANDA DAN JEPANG SISWA KELAS V SDN 043 ALAM PANJANG RUMBIO JAYA

Dahlianis (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH SAAT DIJAJAH BELANDA DAN JEPANG SISWA KELAS V SDN 043 ALAM PANJANG RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201030PGMI.pdf

Download (876kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, pada mata pelajaran IPS, khususnya pada materi perjuangan para tokoh saat dijajah Belanda dan Jepang. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Type Synergetic Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perjuangan para tokoh saat dijajah Belanda Dan Jepang siswa kelas V SDN 043 Alam Panjang Rumbio Jaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V Semester II tahun pelajaran 2008-2009 dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Sedangkan objek dalam penelitan ini adalah penerapan strategi pembelajaran Cooperative Type Synergetic Teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perjuangan para tokoh saat dijajah Belanda Dan Jepang siswa kelas V SDN 043 Alam Panjang Rumbio Jaya. Adapun waktu penelitian ini bulan Maret sampai dengan Juni 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran IPS. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperatve Type Synergetic Teaching pada mata pelajaran IPS, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 58,24% dengan kategori sedang. Pada siklus I hasil belajar siswa telah mencapai 68,24%, namun belum mencapai ketuntasan individu maupun kelompok, namun setelah adanya tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dari 58,24% menjadi 68,24 Setelah adanya perbaikan-perbaikan terhadap aktifitas guru dan siswa pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai cukup memuaskan dengan mencapai 78,24%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPS dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperatve Type Synergetic Teaching dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:30
Last Modified: 16 Oct 2017 01:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11501

Actions (login required)

View Item View Item