MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DI MI NUR IKHLAS PINANG SEBATANG BARAT KECAMTAN TUALANG

Suriati, (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DI MI NUR IKHLAS PINANG SEBATANG BARAT KECAMTAN TUALANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201029PGMI.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Sains, hal ini terlihat dari 41 siswa, 19 orang siswa (46,3%) belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa pada pokok bahasan bumi dan alam semesta siswa Kelas V dapat ditingkatkan dengan Model Pembelajaran Terpadu di MI Nur Ikhlas Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2008-2009 dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bumi Dan Alam Semesta Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran Terpadu di MI Nur Ikhlas Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V MI Nur Ikhlas Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Adapun waktu penelitian ini bulan Maret sampai dengan Juni 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Sains. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya Penerapan Model Pembelajaran Terpadu pada mata pelajaran Sains, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 57,3% dengan kategori sedang. Pada siklus I hasil belajar siswa telah mencapai 673% dengan kategori sedang, pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai cukup memuaskan mencapai 77,3% dengan kategori tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Sains dengan Model Pembelajaran Terpadu dapat dikatakan berhasil, dengan ketuntasan sebesar 90.2% atau ada 37 orang siswa. Hal ini telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan (75% siswa telah memperoleh nilai KKM 65).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:29
Last Modified: 16 Oct 2017 01:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item