TELAAH TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN TRADISIONAL SURAU SYEKH BURHANUDDI N ULAKAN PARIAMAN

Jusna Tunus, (2011) TELAAH TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN TRADISIONAL SURAU SYEKH BURHANUDDI N ULAKAN PARIAMAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201174.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Jusna Tunus, 20 11 “ Telaah Terhadap Konsep Pendidikan Tradisional Surau Syekh Burhanuddin Ulakan ” Tesis, Pekanbaru, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 201 1 , 1 34 halaman. Permasalahan yang menjadi kaji an dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya rekonstruksi tentang biografi tokoh (Syekh Burhanuddin) dan kiprahnya dalam mengembangkan agama Islam di Minangkabau, permasalahan itu dapat dilacak melalui, pertama, latar belakang dan jaringan intelektual Sy ekh Burhanuddin yang memungkinkan ia tampil sebagai tokoh yang mempunyai peranan penting dalam berkembangnya Islam di Minangkabau, kedua, sistem pendidikan yang pernah diikuti Syekh Burhanuddin semenjak dari kecil sampai ia diberi anugrah gelar Syekh oleh gurunya di Singkil Aceh, yaitu oleh Syekh Abdurrauf dan kemudian pulang ke Minangkabau setelah tiga puluh tahun ia menimba ilmu dengan gurunya tersebut, ketiga, surau sebagai lembaga yang dipakaikan oleh Syekh Burhanuddin, siklus kehidupan surau sebagai le mbaga keagamaan dan sosial dalam perspektif historis sosiologis. Berkenaan dengan masalah tersebut maka penelitian ini berusaha mendiskripsikan tentang tokoh dan peristiwa yang terjadi sehubungan dengan pendidikan surau Syekh Burhanuddin serta menelaah bag aimana dan apa sebabnya peristiwa ini terjadi dengan suatu analisis yang bersandar kepada prosedur kerja penelitian ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah langkah - langkah dan prosedur kerja penelitian historis, yakni proses menguji dan m enganalisis secara kritis sumber - sumber sejarah sebagai peristiwa masa lalu. Sumber data diperoleh dari sumber - sumber primer, yaitu pertama , library research yaitu study pustaka,buku - buku yang menjadi rujukan antara lain sejarah pendidikan islam di Indonnn esia,oleh bapak Prof.H.Mahmud Yunus,sejarah pendidikan islam menelusuri jejak sejarah pendidikan islam era Rasulullah sampai Indonesia,oleh Prof. Dr.H. S yamsul Nizar.M.Ag. Sejarah ringkas Syech Burhanuddin, pengantar transileterasi oleh Adriyetti Amir. Sye ch Burhanuddin Ulakan dan islamisasi di Minangkabau,oleh Drs.H. Duski Samad.M.Ag. pembaharuan islam di Minangkabau awal abad ke - 20 pemikiran Syech Muhammad Jamil Djambek,Syech Abdullah Ahmad dan Syech Abdul Karim Amarullah oleh Dr.H.Fachri Syamsuddin dan b uku - buku yang relevan lainnya . Kedua , sumber sekunder adalah sebagai penguat dari data - data tertulis maka penulis mengadakan penelitian ke tempat sumber bahasan yaitu Surau Syech Burhanuddin Ulakan dan melakukan wawancara dengan orang - orang yang terkait de ngan Surau Syech Burhanuddin. Surau Syech Burhanuddin adalah pembawa dan pengembang pendidikan islam pertama di Minangkabau dan membawa ajaran Tarekat Syatariyah setelah ia belajar 30 tahun dengan gurunya Syech Abdurrauf di Aceh dan kemudian ia mengembangk an ajaran itu di Ulakan,Pariaman. Ketiga , Sekembali belajar dari Aceh Syekh Burhanuddin dibantu oleh pemuka masyarakat membangun surau dan dijadikan tempat pendidikan Islam pertama di Minangkabau, khususnya tarekat Syatariyah. Keempat , tarekat itu berkemba ng keseluruh Minangkabau bahkan sampai keluar daerah

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 04:35
Last Modified: 16 Jan 2016 04:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item