Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI BADAN NARKOTIKA PROVINSI (BNP) RIAU DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA

Komad Jamal Harahap (2010) STRATEGI BADAN NARKOTIKA PROVINSI (BNP) RIAU DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201047BPI.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Komad Jamal Harahap, NIM 10542002450, Strategi Badan Narkotika Propinsi (BNP) Riau Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja, di bawah bimbingan Ibu Dra. Silawati, M.Pd. Latar belakang penelitian ini di dasari oleh keprihatinan penulis tentang begitu maraknya kaum remaja yang terlibat dan menjadi korban penyalahgunaan narkoba khususnya di Propinsi Riau ini, padahal target pemerintah pada tahun 2015 Indonesia secara umum, Propinsi Riau secara khusus harus Bebas dari penyalahgunaan narkoba. Dewasa ini kasus narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) telah merebak di negara kita, baik sebagai pengedar, pemakai, penjual, bahkan sebagai bandar. Kalangan pengonsumsi narkoba mulai dari orang-orang tua sampai pada generasi muda dan anakanak. Jenisnya macam-macam, antara lain: ganja, morfin, ekstasi (ineks), lem aibon, atau shabu-shabu. Meskipun orang yang terlibat dalam narkoba diberi sanksi hukum, tapi tidak membuat peredaran dan pemakainya jera dan terhenti. Secara nasional hampir setiap tahun kasus ini meningkat jumlahnya. Menurut data kasus terakhir (2005-2008) bahwa secara Nasional Riau termasuk peringkat ke-5 dalam kasus Ganja dan peringkat ke-5 juga kasus Ekstasi dan sesuai dengan yang dikatakan oleh bapak M. Said, selaku Kalakhar BNP Riau kebanyakan dari mereka pengguna narkoba adalah kaum remaja usia yang sangat pruduktif. Pencegahan demi pencegahan telah dilakukan oleh BNP Riau namun belum begitu mendapatkan hasil yang maksimal sebagaimana yang kita harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh BNP Riau dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pencegahan narkoba tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah bersipat Deskriptif kualitatif, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai/karyawan BNP Riau. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BNP Riau dengan segala daya dan upaya telah melakukan pencegahan narkoba dengan menggunakan strategi pencegahan yang dirancang oleh BNN dalam menjalankan Kebijakan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba), meliputi Strategi Pre-Emptif (pembinaan), Strategi Preventif (pencegahan), Refresif (penindakan), Kuratif (pengobatan) dan Rehabilitatif (pemulihan). Sedangkan yang menjadi faktor pendukungnya adalah sacara singkat karena adanya dukungan dari pemerintah dan sebagian masyarakat yang peduli dalam pencegahan ini. Kemudian yang menjadi faktor penghambat dalam pencegahan ini adalah permasalahan narkoba yang semakin kompleks dan perlu biaya yang besar untuk melakukan pencegahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 04 Oct 2017 07:32
Last Modified: 04 Oct 2017 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11489

Actions (login required)

View Item View Item