PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA (Kajian Studi di SMK Bandar Sri Damansara II, Kuala Lumpur, Malaysia)

Muhammad Firdaus Bin Ishak, (2010) PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA (Kajian Studi di SMK Bandar Sri Damansara II, Kuala Lumpur, Malaysia). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201039BPI.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa (Kajian Studi di SMK Bandar Sri Damansara II, Kuala Lumpur, Malaysia” adalah merupakan satu kajian lapangan berkaitan dengan bimbingan konseling terhadap siswa yang bermasalah percaya diri di SMK Bandar Sri Damansara II, Kuala Lumpur, Malaysia. Adapun skripsi ini ditulis berdasarkan masalah yang telah dirumuskan yaitu apakah gejala/perilaku negatif siswa yang mengalami masalah tidak percaya diri, faktor-faktor penyebab berlakunya masalah tidak percaya diri, serta bagaimanakah pelaksanaan bimbingan dan konseling yang dijalankan oleh konselor SMK Bandar Sri Damansara II dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Antara gejala/perilaku negatif siswa yang tidak percaya diri ini termasuklah sering mendapat hasil belajar yang rendah, sukar kosentrasi, dan kelakuan yang kurang wajar di dalam kelas. Faktor-faktornya pula adalah berpunca dari kondisi psikis yang bermasalah, kondisi fisik (kesehatan) yang bermasalah, tidak berminat untuk belajar, kondisi sosial yang bermasalah dan kondisi lingkungan sosial yang bermasalah. Sementara bentuk pelayanan yang diberikan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling ini termasuklah konseling individu, konseling kelompok, bimbingan melalui program motivasi, dan bimbingan melalui kursus kepemimpinan. Metode penelitian yang diguna pakai ialah metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pembimbing/konselor dan siswa-siswa yang mengalami masalah tidak percaya diri seramai 20 orang. Sementara objek penelitian pula adalah pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan rasa percaya diri. Untuk memperoleh data tersebut, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi di lokasi penelitian, serta didukung oleh data dari berbagai literatur yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling yang dijalankan di SMK Bandara Sri Damansra II adalah kurang memuaskan karena pelayanan yang terdapat disitu masih terdapat kekurangan hingga menyebabkan pelaksanaan bimbingan dan konseling masih belum terlihat maksimal. Ini menyebabkan pelayanan bimbingan dan konseling di situ masih tidak bias dikatakan sebagai suatu pelayanan yang bertindak sebagai pencegahan dalam menanggulangi gejala/perilaku negatif yang dialami/dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 04 Oct 2017 07:27
Last Modified: 04 Oct 2017 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item