UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Nuraini, (2010) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010375KI.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya guru bimbingan dalam memotivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama MuhammadiyahPadang Luas Kecamatan Tambang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung danpenghambat upaya guru bimbingan memotivasi belajar siswa di Sekolah MenengahPertama Muhammadiyah Padang Luas Kecamatan Tambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek Penelitianadalah guru dan siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Padang LuasKecamatan Tambang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya GuruBimbingan memotivasi belajar siswa. Untuk mengumpulkan data digunakan angket,dan wawancara. Data wawancara dianalisa dengan kualitatif dan data angket dianalisadengan teknik kuantitaf kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru bimbingan memotivasibelajar siswa dapat penulis simpulkan bahwa jawaban tertinggi adalah SS (SangatSering) yaitu 49,44%. Oleh karena itu dapat dikategorikan bahwa upaya gurubimbingan dalam memotivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Padang LuasKecamatan Tambang “Cukup Baik” Faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru bimbingan memotivasibelajar siswa (1) Cita-cita atau aspirasi siswa (2) Kemampuan siswa (3) Kondisisiswa (4) Kondisi lingkungan siswa (5) Unsur dinamis dalam belajajar danpembelajaran (6) Upaya guru dalam membelajarkan siswa Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yang baik antara guru bimbingandan konseling dan juga personil-personil sekolah sehingga bisa apa yang diharapkandari guru bimbingan itu sendiri bisa tercapai sesuai dengan apa yang di cita-citakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 04 Oct 2017 01:14
Last Modified: 04 Oct 2017 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11477

Actions (login required)

View Item View Item