PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU

Fitri Rangkuti, (2010) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010371KI.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok di SMPN 20 Pekanbaru dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan kelompok di SMPN 20 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing SMPN 20 Pekanbaru dan objeknya adalah Pelaksanaan Bimbingan Kelompok di SMPN 20 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi dan wawancara. Data wawancara dianalisa dengan kualitatif dan data observasi dianalisa dengan kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok di SMPN 20 Pekanbaru tergolong cukup baik dengan persentase 66%, dilaksanakan oleh guru pembimbing dengan (1) membuat perencanaan kegiatan bimbingan kelompok, (2) melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok dengan empat tahap : pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran, (3) mengevaluasi kegiatan bimbingan kelompok. Namun, dalam pelaksanaan bimbingan kelompok masih terdapat kekurangan yaitu sering membahas masalah perkelahian saja, semestinya dalam menentukan topik berdasarkan kebutuhan dan perkembangan siswa agar layanan yang diberikan bermanfaat dan sesuai dengan tahap-tahap perkembangan siswa (4) menindaklanjuti kegiatan bimbingan kelompok dan (5) membuat laporan kegiatan bimbingan kelompok. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan kelompok adalah : (1) faktor penghambat yaitu siswa SMPN 20 Pekanbaru masih kurang terbuka dalam menyampaikan masalah yang dialaminya dan masih ada orang tua siswa yang tidak mengizinkan anaknya mengikuti kegiatan bimbingan kelompok karena memang kegiatan bimbingan kelompok dilaksanakan di luar jam Sekolah, (2) faktor pendukung yaitu adanya kerjasama dengan guru-guru dan personil Sekolah lainnya selain itu guru pembimbing SMPN 20 Pekanbaru tamatan SI Bimbingan dan Konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:59
Last Modified: 03 Oct 2017 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item