ETIKA GURU DAN MURID MENURUT IMAM NAWAWI DAN RELEVANSI NYA DENGAN UU RI NO. 14 Th. 2005 DAN PP RI NO . 17 T h. 2010

Sri Andryani Hamid, (2011) ETIKA GURU DAN MURID MENURUT IMAM NAWAWI DAN RELEVANSI NYA DENGAN UU RI NO. 14 Th. 2005 DAN PP RI NO . 17 T h. 2010. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201171.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Etika dan Pendidikan memi liki hubungan erat . Pendidikan Islam harus berbentuk proses pengarahan perkembangan kehidupan dan keberagamaan pada peserta didik ke arah idealitas kehidupan Islami, sesuai deng an potensi dasar yang dimiliki serta latar belakang sosio budaya masing - masing. Pendidikan Islam diorientasikan pada upaya menciptakan suatu kepribadian yang mantap dan dinamis, mandiri dan kreatif. Tidak hanya pada siswa melainkan pada seluruh komponen ya ng terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan Islam. Sangat sulit dibayangkan ilmu pengetahuan tanpa adanya kendali dari nilai - nilai etika agama . '' Agama tanpa ilmu adalah buta, ilmu tanpa agama adalah lumpuh'' - Albert Einstein Penelitian ini bertujuan: Pertama, Untuk mengetahui relevansi etika Guru menurut Imam Nawawi dengan Undang - undang Republik Indonesia Nomor. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kedua, Untuk mengetahui relevansi etika Murid menurut Imam Nawawi dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang kewajiban Peserta Didik Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakana penelitian yang bersifat Library Research dengan menggunakan bahan - bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku. Metode yang digunakan hermeneutik, yaitu menggunakan logika linguistik dengan membuat penjelasan dan pemahaman terhadap makna kata dan makna bahasa sebagai bahan dasar dengan pendekatan filosofis, artinya seluruh substansinya memerlukan olahan filosofik atau teoritik dan terkait pada nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Teori etika Imam Nawawi pada umumnya bersumber pada al - Qur’an dan as - sunnah dan secara umum teorinya memiliki relevansi dengan Undang - Undang Guru dan Dosen No 14 th. 2005 dan Peraturan Peme rintah no 17 th. 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan masih sangat relevan pada zaman ini

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 04:28
Last Modified: 16 Jan 2016 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item