Riris Mulyati (2010) HUBUNGAN AKTIVITAS MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010337KI.pdf Download (823kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui aktivitas siswa kelas VIII mengikuti layanan bimbingan belajar (2) mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII (3) mengetahui hubungan aktivitas mengikuti layanan bimbingan belajar dan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana aktivitas siswa kelas VIII mengikuti layanan bimbingan belajar (2) bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII (3) apakah terdapat hubungan yang signifikan aktivitas mengikuti layanan bimbingan belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru dan objek penelitian adalah aktivitas mengikuti layanan bimbingan belajar dan prestasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui tujuan 1 dan 2 dianalisis secara deskriptif persentase, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara aktivitas mengikuti layanan bimbingan belajar dan prestasi belajar di SMP Negeri 17 Pekanbaru data dianalisis secara statistik dengan teknik koefisien korelasi serial. Setelah data diperoleh dari lapangan dianalisis, maka disimpulkan bahwa: 1. Aktivitas siswa dalam mengikuti layanan bimbingan belajar di SMP Negeri 17 Pekanbaru tergolong aktif. Dari hasil yang didapat ini berdasarkan persentase jawaban dari angket sebesar 76,71%. 2. Prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru tergolong baik atau sedang. Dari hasil ini didapat berdasarkan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 76,62. 3. Terdapat hubungan yang signifikan aktivitas mengikuti layanan bimbingan belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari angka korelasi serial sebesar 0,416, angka ini jauh lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0,195 maupun pada taraf signifikan 1% yaitu 0,254. Hal ini berarti tingginya aktivitas siswa mengikuti layanan bimbingan belajar menyebabkan tinggi pula tingkat keberhasilan yang dicapai dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 04:17 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 04:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11469 |
Actions (login required)
View Item |