Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN LAYANAN KONSULTASI OLEH GURU PEMBIMBING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR

Reni Maryati (2010) PELAKSANAAN LAYANAN KONSULTASI OLEH GURU PEMBIMBING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010329KI.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sejauh mana Pelaksanaan layanan konsultasi oleh guru pembimbing di SMAN 1 Kampar dan (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan konsultasi oleh guru pembimbing di SMAN 1 Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif naratif. Subyek penelitian ini adalah guru pembimbing di SMA Negeri 1 Kampar dan obyeknya adalah pelaksanaan layanan konsultasi. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara kemudian data tersebut dianalisa dalam bentuk naratif. Kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah mengacu pada Bk pola-17 plus yang salah satunya adalah layanan konsultasi. Fenomena yang terjadi dilapangan saat ini adalah persepsi yang salah dari guru pembimbing tentang pengertian layanan konsultasi, diantaranya layanan konsultasi dianggap sama dengan layanan konseling individual dengan cara mengundang orang tua untuk berkonsultasi dengan guru pembimbing, sedangkan masalah yang dibahas adalah masalah yang layak untuk konseling individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pembimbing di SMAN 1 Kampar belum sepenuhnya mempunyai pemahaman tentang layanan konsultasi yang ada disekolah ini dapat dilihat dari pelaksanaan yang dilkukan karena guru pembimbing tidak bisa membedakan antara layanan konsultasi dengan layanan konseling individual yang ada di sekolah. Hal ini menujukkan bahwa guru pembimbing belum memahami dengan baik prosedur operasionalisasi layanan konsultasi, yang meliputi perencanaan layanan konsultasi, pelakasanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut layanan konsultasi. Berdasarkan penelitian di atas, maka penulis menyarankan kepada guru pembimbing yang ada di sekolah secara mandiri agar berusaha mengetahui dan mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan bimbingan dan konseling agar mempunyai pemahaman tentang BK khususnya layanan konsultasi dan bisa melaksanakan layanan konsultasi sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada dalam layanan konsultasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 03 Oct 2017 02:43
Last Modified: 03 Oct 2017 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item View Item