PELAKSANAAN LAYANAAN ORIENTASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PEKANBARU

M. Yunus, (2010) PELAKSANAAN LAYANAAN ORIENTASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010270KI.pdf

Download (275kB)

Abstract

Layanan Orientasi adalah layanan bimbingan yang dilakukan untuk memperkenalkan siswa baru dan atau seseorang terhadap lingkungan yang baru dimasukinya. Pemberi layanan ini bertolak dari anggapan bahwa memasuki lingkungan baru bukanlah hal yang selalu dapat berlangsung dengan mudah dan menyenangkan bagi setiap orang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan orientasi di SMP Negeri 3 Pekanbaru, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan orientasi di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru pembimbing di SMP Negeri 3 Pekanbaru dan obyeknya adalah pelaksanaan layanan orientasi di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dan dokumentasi dianalisa dengan kualitatif dan disimpulkan secara kualitatif juga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pembimbing membuat perencanaan pelaksanaan layanan orientasi berdasarkan program yang telah ada saja. Mengenai metode yang akan digunakan yaitu metode ceramah, pemberian tugas, demonstrasi, dan tanya jawab. Selain itu, media yang digunakan oleh guru pembimbing adalah media yang telah ada sebelumnya. Guru pembimbing juga belum melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan layanan orientasi yang telah dilaksanakan sesuai dengan evaluasi bimbingan konseling. Temuan mengenai pelaksanaan layanan orientasi oleh guru pembimbing belum tergolong baik. Guru pembimbing memberikan layanan orientasi didalam dan diluar kelas. Media yang digunakan oleh guru pembimbing masih menggunakan buku pedoman yang lama serta gambar-gambar atau tulisan-tulisan yang ditempel pada karton. Pelaksanaan layanan orientasi yang dilaksanakan oleh guru pembimbing menurut hasil wawancara dan dokumen-dokumen yang dijumpai penulis tergolong kurang efektif/baik. meskipun demikian tidak menutup kemungkinan kegiatan pelaksanaan layanan orientasi di SMP Negeri 3 Pekanbaru akan mencapai tingkat yang lebih baik, jika guru pembimbing terus memperbaharui pelaksanaan layanan orientasi tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya pembaharuan dalam pembuatan program melalui studi kelayakan agar pelaksanaan layanan orientasi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, guru pembimbing juga perlu merencanakan evaluasi yang sesuai dengan evaluasi bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 03 Oct 2017 02:33
Last Modified: 03 Oct 2017 02:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11461

Actions (login required)

View Item View Item