Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENSOSIALISASIKAN KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING DI SMAN 3 DURI

Silvia Rislina (2010) UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENSOSIALISASIKAN KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING DI SMAN 3 DURI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010253KI.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya guru pembimbing dalam mensosialisasikan bimbingan konseling di SMAN 3 Duri dan (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru pembimbing dalam mensosialisasikan bimbingan konseling di SMAN 3 Duri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif naratif. Subyek penelitian ini adalah guru pembimbing di SMA Negeri 3 Duri dan obyeknya adalah upaya yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam mensosialisasikan kegiatan bimbingan konseling. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara kemudian data tersebut dianalisa dalam bentuk naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pembimbing di SMAN 3 Duri sudah melaksanakan sosialisasi bimbingan konseling yaitu dengan menjelaskan tugasnya, menjelaskan program kegiatan bimbingan konseling dan menjalin hubungan kerja sama. Bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh guru pembimbing yaitu mengikut sertakan personil sekolah dalam kegiatan bimbingan konseling salah satunya adalah merumuskan program kegiatan bimbingan konseling, konferensi kasus, mengidentifikasi siswa, melaksanakan aplikasi instrumentasi. Tapi sosialisasi kegiatan bimbingan konseling ini tidak berjalan dengan lancar hal ini dapat dilihat dari hubungan guru pembimbing dan personil sekolah yang kurang berkomunikasi dan bekerjasama mengenai bimbingan konseling terutama dalam pembagian tugas masing-masing personil sekolah dalam pelaksanaan bimbingan konseling. Temuan mengenai Faktor yang mempengaruhi sosialisasi bimbingan konseling adalah faktor dari dalam (internal) yaitu berupa latar pendidikan guru pembimbing yang berbeda antara satu dan yang lainnya, waktu pelaksanaan bimbingan konseling khususnya sosialisasi bimbingan konseling yang tidak disediakan oleh pihak sekolah sedangkan faktor dari luar (eksternal) yaitu pembiayaan personil yang tidak dialokasikan oleh pihak sekolah dan pengadaan alat-alat teknis yang seadanya serta dana untuk pelaksanaan sosialisasi bimbingan konseling yang diakui tidak dialokasikan oleh pihak sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya hubungan komunikasi dan kerjasama yang baik antara guru pembimbing dengan pihak personil sekolah, terutama dalam menyediakan jadwal pemberian layanan bimbingan konseling, mengikut sertakan guru pembimbing dalam pelatihan bimbingan konseling, pendanaan atau pembiayaan kegiatan dan menyediakan sarana prasarana bimbingan konseling. Dengan adanya hubungan komunikasi dan kerjasama yang baik akan membantu guru pembimbing dalam mensosialisasikan kegiatan bimbingan konseling di SMAN 3 Duri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:16
Last Modified: 02 Oct 2017 06:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11452

Actions (login required)

View Item View Item