PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR ( Eksperimen Pada Pelajaran Sains di SMPN 4 Siswa Kelas II, Kel. Tanjung Kapal, Kec. Rupat, Kab. Bengkalis)

Muhammad Ardi, (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR ( Eksperimen Pada Pelajaran Sains di SMPN 4 Siswa Kelas II, Kel. Tanjung Kapal, Kec. Rupat, Kab. Bengkalis). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201169.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Penelitia n ini dilatar belakangi rendahny a h asil belajar siswa dalam mata pelajaran sain s, di Sekolah SMP N 4 Siswa kelas II , Kel. Tanjung Kapal, Kec. Rupat Kab. Bengkalis. Tiga tahun belakangan tidak mencapai Standar Ketuntasan Minimum (SKM) Adapun penyebab yang diduga antara lain: dari siswa itu sendiri kurangnya semangat belajar, kurang aktif dalam pembelajaran, kurangnya dorongan dari orang tua, kondisi alam (sekolah jauh dari tempat tinggal mereka), dan menyebabkan mereka sering terlambat datang ke sekolah. Gejala - gejala yang muncul dalam pr o ses pembelajaran antara lain: kurangnya tanggapan siswa terhadap pembelajaraan, kurangnya pertanyaan siswa terhadap guru. Karena kurangnya pertanyaan dari siswa guru juga tidak tahu siswa telah mengerti atau belum pelajaran yang disajikan. dengan a danya pembelajaran menggunakan Kooperatif tipe Student Teams Achievemen Divisions (STAD), dengan harapan dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Adanya semangat berdiskusi dan saling membantu dan hasil belajar pun ada peningkatan. Tujuan penelitian in i adalah melihat sejauh mana pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhad ap hasil belajar siswa kelas II SMPN 4, Kel. Tanjung Kapal, Kec. Rupat Kab. Bengkalis. Jeni s penelitian adalah eksperimen, Terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan ke las kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode STAD, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional . J umlah siswa terdiri dari lima puluh empat (54) orang. Msing - masing kelas terdiri dari 27 siswa. Data di dapat dari observasi dan wawan cara. Se belum diadakan proses pembelajaran langkah awal diadakan pre - test untuk menyamakan nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penmbelajaran Kooperatip tipe STAD, siswa lebih termotivasi dalam belajar. Nilai akhir a tau Post - test siswa yang diajar dengan Pembelajara n Kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada Konvensional. Berarti pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 4 Kel. Tanjug Kapal, Kec. Rupat, Kab. Ben gkalis. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan semang at dan hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dilaksanakan melalui prosedur yang sesuai d engan tata pelaksanaan pembelajaran Kooperatif tipe STAD itu sendiri. Siswa sangat antusias dalam proses pembelajaran, berdiskusi dan saling membantu terhadap teman yang lain

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Program Pascasarjana > Thesis
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 04:22
Last Modified: 16 Jan 2016 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item