KERJASAMA GURU PEMBIMBING DAN WALI KELAS DALAM LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN (Studi Kasus di SMA Negeri 12 Pekanbaru)

Warni, (2010) KERJASAMA GURU PEMBIMBING DAN WALI KELAS DALAM LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN (Studi Kasus di SMA Negeri 12 Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010241KI.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermula di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kerjasama guru pembimbing dan wali kelas dalam layanan penempatan dan penyaluran, (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung kerjasama guru pembimbing dan wali kelas dalam layanan penempatan dan penyaluran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase. Subjek penelitian adalah 2 orang guru pembimbing dan 9 orang wali kelas. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah kerjasama guru pembimbing dan waqi kelas dalam layanan penempatan dan penyaluran ( studi kasus di SMA Negeri 12 Pekanbaru ). Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi dan wawancara. Data wawancara dianalisa dengan kualitatif dan data observasi dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Dari hasil wawancara dengan guru wali kelas, kerjasama guru pembimbing dan wakli kelas dalam layanan penempatan dan penyaluran ( studi kasus di SMA Negeri 12 Pekanbaru ), terdapat beberapa Faktor : a. Faktor Pengambat (1) Terbatasnya waktu untuk bertatap muka dengan guru pembimbing, dikarenakan guru pembimbing banyak menyelesaikan permasalahan yang lain, (2)Tidak tersedianya jam khusus untuk menemui guru pembimbing, (3) Kurangnya tenaga Guru Pembimbing di SMA Negeri 12 Pekanbaru, (4) Kurangnya komunikasi, karena guru pembimbingnya terlalu sibuk, (5) Informasi yang diharapkan tidak cukup b. Factor Pendukung (1) Ada Ruangan Khusus untuk BK, sehingga jika ingin berdiskusi mudah, dan bagi siswa-siswa juga mudah untuk berkonsultasi, (2) Guru Pembimbingnya ramah, supel dan mudah tersenyum, sehingga jika ingin berdiskusi tidak takut, (3) Guru pembimbing bisa menerima pendapat dan menghargai orang lain, (4) Guru Pembimbing mudah diajak bergaul, (5) guru pembimbing tidak memilih dengan siapa saja dia berteman. Kerjasama guru pembimbing dan wali kelas dalam layanan penempatan dan penyaluran ( Studi Kasus di SMAN 12 Pekanbaru ) dari hasil observasi dengan persentase jawaban “Ya” (61,25%) dan jawaban “Tidak” (28,75%). Maka dapat disimpulkan kerjasama cukup baik, yang berada pada rentang 61-80%. Dilihat dari hasil observasi, masih ada tugas yang belum dilaksanakan oleh guru pembimbing, seperti kurangnya mengevaluasi layanan penempatan dan penyaluran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:10
Last Modified: 02 Oct 2017 06:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11449

Actions (login required)

View Item View Item