PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN “GANK” DI KALANGAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH SUKAJADI PEKANBARU

Hermira, (2010) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN “GANK” DI KALANGAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH SUKAJADI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010234KI.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya gank di kalangan siswa SMP Muhammadiyah Sukajadi Pekanbaru. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan gank di kalangan siswa SMP Muhammadiyah Sukajadi Pekanbaru Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru pembimbing dan siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Sukajadi Pekanbaru dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan gank siswa SMP Muhammadiyah Sukajadi Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan angket. Data angket dianalisa dengan teknik kualitatif dan kemudian di simpulkan secara kualitatif. Dan data wawancara dianalisa dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya gank di sekolah ditemukan ada beberapa faktor yaitu faktor media (53.8), faktor pribadi (31.8%), faktor sekolah (36.4%), faktor masyarakat (28.2%), dan faktor keluarga (31.6%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan gank di kalangan siswa SMP Muhammadiyah Sukajadi Pekanbaru yaitu mengidentifikasi siswa yang memiliki gank berdasarkan informasi atau laporan dari guru mata pelajaran, guru wali kelas maupun siswa lainnya, kemudian guru pembimbing berupaya memberikan layanan informasi dengan metode diskusi dan tanya jawab. Untuk kelancaran pelaksanaan layanan, guru pembimbing juga bekerjasama dengan guru mata pelajaran, guru wali kelas dan orang tua murid untuk memperhatikan kebutuhan siswa di sekolah dan di rumah. Oleh karena itu, perlu adanya pelaksanaan study kelayakan secara sistematis. Dari hasil studi kelayakan tersebut maka dapat dilakukan pemberian layanan sesuai dengan kebutuhan siswa dan juga memperkuat hubungan kerja sama dengan pihak sekolah baik itu dalam segi pelaksanaan layanan maupun dari segi pengembangan potensi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:07
Last Modified: 02 Oct 2017 06:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11447

Actions (login required)

View Item View Item