PELAKSANAAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MTs ABBASIYAH TELUK PINANG KECAMATAN GAUNG ANAK SERKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Abdul Salam, (2011) PELAKSANAAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MTs ABBASIYAH TELUK PINANG KECAMATAN GAUNG ANAK SERKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201166.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Abd. Salam (2011) Pelaksanaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meni ngkatkan Kompetensi Guru MTs Abbasiyah Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir. Tesis program Pasca Sarjana Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Salah satu forum atau wadah pr ofesional gu ru bidang studi (mata pelajaran) untuk membina dan meningkatkan hubungan kerjasama secara koordinatif fungsional antara sesama guru mata pelajaran yang berada pada suatu wilayah Kabupaten/Kota/ Kecamatan/sanggar/gugus sekolah adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran yang disingkat dengan nama MGMP. Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) juga merupakan wadah yang diharapkan dapat menjalin persatuan dan kesatuan ide dari guru dalam merumuskan tujuan - tujuan pembelajaran yang akan diterapkan. Ruang l ingkup MGMP meliputi guru mata pelajaran pada sekolah Negeri dan Swasta, baik yang berstatus PNS maupun Swasta dan atau guru tidak tetap/ honorarium. Prinsip kerjanya adalah cerminan kegiatan dari, oleh, dan untuk guru dari semua sekolah. Atas dasar ini, m aka MGMP merupakan organisasi nonstruktural yang bersifat mandiri, berasaskan kekeluargaan, dan tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan lembaga lain. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang peran musawarah guru mata pe lajaran (MGMP) dan untuk menganalisis peran MGMP di MTs Abbasiyah Teluk Pinang dengan melaksanakan penelitian lapangan serta data - data dokumentasi yang terkait dengan masalah penelitian. Untuk mengetahui hal tersebut maka diajukan rumusan masalah sebagai b erikut: (1) Bagaimana pelaksanaan MGMP di MTs Abbasiyah Teluk Pinang Kabupaten Indragiri Hilir , (2) Bagaimana pelaksanaan MGMP dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Abbasiyah Teluk Pinang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengikuti kegiatan MGMP yaitu sebanyak 22 orang guru. Maka teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini penulis mengunakan teknik total sampling dimana penulis mengambil keseluruhan populasi sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui: (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi, dan (4) angket. Setelah data dianalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) P elaksanaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di MTs Abb asiyah Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir pada setiap semester adalah 3 (tiga) kali, dimana musyawarah tersebut dilakukan pada saat awal semester, setelah ujian pertengahan semester (MID semester), dan setelah ujian semester. Tingkat kehadiran guru mata pelajaran dalam mengikuti kegiatan MGMP di MTs Abbasiyah Teluk Pinang berkisar antara 90% - 100%. (2) Berdasarkan hasil angket dapat diketahui pelaksanaan MGMP dapat meningkatkan kompetensi guru MTs Abbasiyah Teluk Pinang Kecam atan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir, dimana jawaban Ya dipilih oleh mayoritas responden yaitu 181 dengan persentase 81,27% dengan kategori baik yang berada antara 76% - 100%. (3) Dari wawancara yang penulis lakukan, dapat diketahui faktor - fakt or yang mendukung musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dilaksanakan dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Abbasiyah Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir , mencakup beberapa hal yaitu: (a) Banyaknya kendala yang dihadapi gur u dalam memberikan pelajaran kepada siswa di kelas, (b) Kurangnya informasi yang diperoleh guru tentang metode dan model pembel ajaran yang efektif dan efisien, (c) Kurangnya kreativitas guru dalam mencari dan menemukan meto de/model/ strategi pembelajaran, (d) Tidak adanya wadah yang menghimpun guru mata pelajaran dalam menyelesaikan masalah - masalah yang dihadapinya dalam belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 04:18
Last Modified: 16 Jan 2016 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item