IMPLEMENTASI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGATASI MASALAH KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 10 PEKANBARU

R. Engsi Minarti, (2010) IMPLEMENTASI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGATASI MASALAH KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010161KI.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan penguasaan konten oleh guru pembimbing untuk mengatasi masalah ketuntasan belajar siswa di SMA Negeri 10 Pekanbaru, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing SMA Negeri 10 pekanbaru. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara, selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Setelah data dikumpulkan dan dianalisis dapat disimpulakan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten oleh guru pembimbing untuk mengatasi masalah ketuntasan belajar siswa di SMA Negeri 10 Pekanbaru tergolong cukup maksimal. Secara kualitatif persentase diperoleh angka 55,77%. Faktor pendukung pelaksanaan layanan penguasaan konten oleh guru pembimbing untuk mengatasi masalah ketuntasan belajar siswa di SMA Negeri 10 Pekanbaru adalah: (1) Faktor guru pembimbing, (2) Faktor siswa, (3) Faktor kepala sekolah, (4) Faktor sarana dan prasarana. Selain faktor pendukung tersebut juga terdapat faktor penghambat pelaksanaan layanan penguasaan konten oleh guru pembimbing untuk mengatasi masalah ketuntasan belajar siswa di SMA Negeri 10 Pekanbaru, yaitu: (1) Faktor guru pembimbing, (2) Faktor siswa, (3) Faktor guru bidang studi, (4) Faktor sarana dan prasarana. Berdasarkan penelitian di atas, maka penulis menyarankan kepada kepala sekolah lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang dapat menunjang pelaksanaan layanan, kepada guru pembimbing untuk dapat melaksanakan layanan penguasaan konten lebih maksimal, memiliki kecakapan dalam mengevaluasi, untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada siswa dan mudah menentukan arah tindak lanjut layanan. Hendaknya dalam memberikan layanan guru pembimbing bekerja sama dengan orang tua, wali kelas, dan guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:47
Last Modified: 02 Oct 2017 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item