Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN KARTU PANGGILAN SISWA KELAS III SDN 005 EMPAT BALAI KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Syuryati (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN KARTU PANGGILAN SISWA KELAS III SDN 005 EMPAT BALAI KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201028PGMI.pdf

Download (997kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dimana adanya sebagian siswa yang cepat bosan menghadapi pelajaran Bahasa Indonesia, hal ini terlihat siswa banyak yang meribut dikelas dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknik Pembelajaran Kartu Panggilan dapat meningkatkan motivasi Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 005 Empat Balai Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 005 Empat Balai Kecamatan Bangkinag Barat Kabupaten Kampar, sedangkan objek dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar bahasa indonesia melalui teknik pembelajaran kartu panggilan. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 005 Empat Balai Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Adapun waktu penelitian ini bulan Maret sampai dengan Juni 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya Penerapan teknik pembelajaran kartu panggilan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai 58,42% dengan kategori rendah. Pada siklus I motivasi belajar siswa telah mencapai 66,32%, pada siklus II, motivasi belajar siswa mencapai cukup memuaskan dengan mencapai 75,09%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan Penerapan teknik pembelajaran kartu panggilan dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:35
Last Modified: 02 Oct 2017 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11418

Actions (login required)

View Item View Item