MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID DENGAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MURID KELAS V SD TARBIYAH ISLAMIYAH 076 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR

Rina Juliati, (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID DENGAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MURID KELAS V SD TARBIYAH ISLAMIYAH 076 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201016PGMI.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD TI 076 Batu Belah, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan membaca pemahamana murid variabel X, dan penggunaan strategi Reciprocal teaching variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Februari – Mei 2009. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dari hasil observasi pada siklus I terlihat bahwa kemampuan membaca pemahaman murid rata-rata 6,3 sedangkan pada siklus II terjadi paningkatan menjadi 7,8 keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelaaran membaca pemahaman murid pada mata pelajara bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi Reciprocal Teaching dapat dikatakan berhasil, meskipun ketuntasan individu belum tercapai sepenuhnya namun ketuntasan kelas meningkat dari 6,3 hingga 7,8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:34
Last Modified: 02 Oct 2017 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11417

Actions (login required)

View Item View Item