Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 030 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG

Yeni Susanti (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 030 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201015PGMI.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan hasil refleksi awal pada siswa kelas IV SD Negeri 030 Tambang Kecamatan Tambang, yaitu rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan strategi Inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi Inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 030 Tambang Kecamatan Tambang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 030 Tambang Kecamatan Tambang pada Tahun Pelajaran 2008-2009. Penelitian dilaksanakan Selama 3 bulan, mulai dari bulan Mei 2009 hingga Juli 2009. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Ketuntasan Kelas Minimum yang telah di tetapkan di SD 030 Tambang adalah dengan nilai rata-rata siswa 65. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa hanya dengan rata rata 64,75 dan belum mencapai Ketuntasan Kelas yang diharapkan, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai nilai rata-rata 70. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Dengan Penggunaan strategi Inkuri Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 030 Tambang Kecamatan Tambang Akan Meningkat di “Diterima” artinya apabila diterapkan strategi Inkuiri secara benar dalam proses pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:33
Last Modified: 02 Oct 2017 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11415

Actions (login required)

View Item View Item