UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE DENGAN TEKNIK KOMEDI PUTAR DISKUSI DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BAGANSIAPIAPI

Samudin, (2010) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE DENGAN TEKNIK KOMEDI PUTAR DISKUSI DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BAGANSIAPIAPI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010378PMT.pdf

Download (885kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bagansiapiapi melalui strategi Pembelajaran Cooperative teknik komedi putar diskusi, khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan dirumuskan sebagai berikut: Dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pembelajaran cooperative teknik komedi putar diskusi di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bagansiapiapi pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clas room action Reseach). Penelitian ini dilakukan dalam enam siklus. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran Matematika. pada data awal aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat rendah dengan rata-rata presentase 20,0 dan pada siklus I, II, III, IV, V, sampai VI, Peningkatan aktivitas data % berturut turut 32,4 35,0 40,1 44,1 65,9 dan 77,5 dengan demikian aktivitas belajar siswa meningkat setelah diterapkan strategi pembelajaran Cooperative teknik komedi putar diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bagan Siapiapi pada materi Operasi hitung bilangan pecahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:19
Last Modified: 02 Oct 2017 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11412

Actions (login required)

View Item View Item