PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE INQUIRY BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B2 MTs DAREL HIKMAH PEKANBARU

Yossi Syafrianti, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE INQUIRY BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B2 MTs DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010336PMT.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran CTL dengan metode IBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII B2 MTs Darel Hikmah Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah ”Bagaimanakah terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran CTL dengan metode IBL di kelas VIII B2 MTs Darel Hikmah Pekanbaru pada materi Faktorisasi Suku Aljabar?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B2 MTs Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 30 orang, dan objeknya adalah kemampuan pemecahan masalah dengan strategi pembelajaran CTL dengan metode IBL. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal-soal matematika yang berbentuk pemecahan masalah. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran, sebelum diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal sesuai dengan indikator pemecahan masalah, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 50%, sedangkan ketuntasan klasikal setelah tindakan pada setiap siklusnya yaitu: siklus I = 60%, siklus II = 73,3%, dan siklus III = 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran CTL dengan metode IBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VIII B2 MTs Darel Hikmah Pekanbaru setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 30 siswa, diperoleh 26 siswa tuntas dan 4 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 86,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:18
Last Modified: 02 Oct 2017 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11410

Actions (login required)

View Item View Item