Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN GAGNE DENGAN MODEL MOTIVASI ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B3 MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU

Imeriza (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN GAGNE DENGAN MODEL MOTIVASI ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B3 MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010332PMT.pdf

Download (916kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Gagne dengan model motivasi ARCS pada siswa kelas VIII B3 MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII B3 MTs Darul Hikmah Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 28 orang siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Observasi dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan atau tiga kali tindakan dengan menerapkan pembelajaran aktif Gane dengan model ARCS. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran Gagne Dengan Model Motivasi ARCS pada siswa kelas VIII B3 MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Hal Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan sebelum tindakan adalah 59.6, sedangkan rata-rata setelah penerapan pembelajaran Gagne dengan model motivasi ARCS adalah 68.2 pada siklus I, 68.6 pada siklus II dan 76.07 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:15
Last Modified: 02 Oct 2017 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11408

Actions (login required)

View Item View Item