PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RUPAT BATUPANJANG KABUPATEN BENGKALIS

Susiyanti, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RUPAT BATUPANJANG KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010323PMT.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dengan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Rupat Batupanjang Kabupaten Bengkalis. Adapun perumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Rupat Batupanjang Kabupaten Bengkalis pada pokok bahasan kubus dan balok?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Rupat yang berjumlah 36 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan yaitu 1 kali tanpa tindakan dan 3 kali dengan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement indivision). Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Peneliti memberikan tes diakhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, dan data kemudian dianalisis. Analisi ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan, diperoleh hasilnya secara klasikal dengan rata-rata 36,11. sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I 47,22, siklus II 61,11, dan siklus III 80,55. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Rupat. Ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar matematika siswa kelas VIII2 setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan secara individual dari 36 siswa, diperoleh 29 siswa tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 80,55.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:09
Last Modified: 02 Oct 2017 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11404

Actions (login required)

View Item View Item