PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN I KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Lusi Novita Sari, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN I KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010322PMT.pdf

Download (738kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMPN I Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN I Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada pokok bahasan Bangun Datar Segi Empat ? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIi SMPN I Kampar yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalan penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri dan dibantu oleh dua orang observer. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan yaitu 1 kali pertemuan tanpa tindakan dan 3 kali pertemuan dengan tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran koopertaif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang aktivitas belajar diperoleh melalui lembar aktivitas belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dengan sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut, dapat diketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data dari observasi tersebut, dapatl disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMPN I Kampar melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Ini dapat dilihat dari hasil observasi setelah tindakan, yaitu siklus I aktivitas guru mencapai 68,75% dengan kategori kuat, sedangkan aktivitas siswanya 50%-60% dengan kategori cukup, pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 82,5% dengan kategori kuat dan aktivitas siswanya > 70,5%, sedangkan pada siklus III aktivitas guru sudah mencapai 90% dengan kategori sangat kuat , sedangkan indikator siswanya 100% yang memenuhi kriteria aktivitas ideal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:08
Last Modified: 02 Oct 2017 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11403

Actions (login required)

View Item View Item