Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Arifin (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010321PMT.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe active knowledge sharing dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIIIB2 MTs Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru pada pokok bahasan Lingkaran. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe active knowledge sharing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB2 MTs Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru pada pokok bahasan Lingkaran?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB2 MTs Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi yang dilakukan 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tanpa menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing dan tiga pertemuan lagi menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah (46,42%), siklus II adalah (75,00%) dan siklus III adalah (82,14%) yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB2 MTs Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:07
Last Modified: 02 Oct 2017 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11402

Actions (login required)

View Item View Item