PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN TENTANG PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 06 TELUK KUANTAN DESA JAYA KOPAH KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Yuliani, (2010) PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN TENTANG PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 06 TELUK KUANTAN DESA JAYA KOPAH KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_201094KI.pdf

Download (448kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui persepsi guru mata pelajaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (2) mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi persepsi guru mata pelajaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru mata pelajaran pada sekolah yang menjadi lokasi penelitian yang berjumlah 26 orang. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dan dokumentasi dianalisa dengan kualitatif dan data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi guru mata pelajaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling tergolong pada kategori cukup baik (positif) yaitu berkisar antara 56% - 75 %. Jadi dapat disimpulkan persepsi guru mata pelajaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling tergolong “persepsinya baik (potitif)”. Temuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru mata pelajaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut : (1) pengetahuan dan pemahaman guru mata pelajaran tentang layanan bimbingan dan konseling, (2) sarana dan prasarana/fasilitas yang disediakan khusus untuk kesuksesan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang tersedia akan mempengaruhi persepsi guru mata pelajaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dan (3) hubungan/kerjasama yang baik antara guru mata pelajaran dan guru pembimbing melahirkan suatu persepsi dan reaksi yang baik pula sehingga timbul tindakan sesuai dengan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:06
Last Modified: 02 Oct 2017 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11401

Actions (login required)

View Item View Item