Dhidik Suryalita (2010) PENERAPAN METODE RESITASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.C MTS MIFTAHUL JANNAH PERANAP KEC. PERANAP KAB. INHU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010319PMT.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.C MTs Miftahul Jannah Peranap dapat meningkat melalui penerapan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe make-a match. Adapun perumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe make-a match dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.C MTs Miftahul Jannah Peranap Kec. Peranap Kab. INHU pada pokok bahasan kubus dan balok”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan meningkatkan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.C MTs Miftahul Jannah Peranap yang berjumlah 37 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan dengan menerapkan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe make-a match. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan tes. Peneliti memberikan tes diakhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, dan data kemudian dianalisis. Analisi ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan, diperoleh hasilnya secara klasikal dengan rata-rata 53,78. sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I 54,72, siklus II 60,54, dan siklus III 77,56. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe make-a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.C MTs Miftahul Jannah Peranap. Ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VIII.C setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan secara individual dari 37 siswa, diperoleh 33 siswa tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 77,56.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 03:06 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 03:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11400 |
Actions (login required)
View Item |