PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 TELUK KUANTAN KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Wenti Febrina, (2010) PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 TELUK KUANTAN KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010312PMT.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Rumusan masalahnya adalah “ Bagaimanakah penerapan pendekatan pemecahan masalah bisa meningkatkan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi?”. Bentuk penelitian yang dilaksanakan adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 33 orang, yaitu 13 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Sedangkan objek penelitian adalah peningkatan komunikasi matematika melalui pembelajaran pendekatan pemecahan masalah. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari kemampuan komunikasi matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes kemampuan komunikasi matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 33 siswa yaitu 10 siswa tuntas dan 23 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 30,3%. Sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika dengan penerapan pendekatan pemecahan masalah, pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual yaitu 32 siswa tuntas dan 1 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 96,97%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 02:58
Last Modified: 02 Oct 2017 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11395

Actions (login required)

View Item View Item